Sabtu, 26 Maret 2011

penyebab baterai boros dan solusinya


Belakangan ini banyak orang yang mengeluhkan handphonenya terlalu cepat ngedrop, ada yang beranggapan baterainya telah soak sehingga tak mampu lagi menampung arus listrik secara maksimal tetapi ada juga yang mencurigai justru hpnya yang bermasalah padahal yang terjadi blum tentu demikian adanya. Bisa jadi justru pemakaian fitur  fitur dalam hp tsb yang banyak memakan daya.
apakah hal ini terjadi pada anda..? nah sebelum anda beranggapan terlalu jauh coba anda perhatikan fitur fitur yang anda gunakan setiap harinya. Disini saya coba untuk berbagi info yang berhasil saya kumpulkan dari berbagai sumber tentang fitur apa saja yang banyak memakan daya. 1.GPS GPS menjadi fitur yang paling boros daya karena GPS receiver menggunakan gelombang  radio. Belum lagi jika dalam penggunaan petanya membutuhkan akses Internet via 3G maupun GPRS, yang berarti memfungsikan dua fitur sekaligus. Saran saya kalau gak penting mendingan di bunuh saja hehe….
2.Browsing & Komunikasi Suara    Browsing dan komunikasi suara sama-sama membutuhkan daya yang besar. Untuk itu, di dalam spesifikasi ponsel disertakan keterangan waktu bicara. Informasi ini agar Anda bisa prepare sewaktu-waktu membutuhkan komunikasi yang bersifat urgent. (bahasa lo ketinggian hehe….)
3.Wi-Fi & Bluetooth Browsing menggunakan WiFi memang lebih mengasyikan apalagi jika menggunakan hotspot gratisan. Tetapi WiFi juga termasuk fitur yang boros baterai. Begitu juga dengan Bluetooth. Untuk itu jangan lupa untuk menonaktifkannya setelah digunakan.
4.Radio & Pemutar Musik/ Video memang sih.. Radio dan pemutar musik tak membutuhkan daya sebesar menggunakan kamera, tetapi jika fitur ini sering digunakan tetap akan mengkonsumsi daya yang lebih besar. Selain itu ada juga fitur lainnya yakni game yang ikut mempengaruhi waktu standby baterai.
 5.Push Email  
Di kebanyakan ponsel pintar kita dimanjakan dengan layanan yang satu ini. Tapi tahukah Anda, ternyata layanan ini juga banyak menyedot energi. Nah, sekarang pilihan ada di tangan anda.. pilih mana ponsel pintar Anda “almarhum” lantaran habis baterai, atau ponsel Anda tetap prima, meskipun Anda harus cek email secara manual.
Mudah mudahan bermanfaat……

share on facebook

Artikel terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa di like ya.......